Bau Mulut Ketika Puasa? Ini Dia Tips Mengatasinya


tips menjaga bau mulutKetika menjalankan ibadah puasa, sering kali masalah bau mulut ini muncul dan mengakibatkan tidak nyaman atau bahkan minder kepada teman-teman pada saat berbicara secara langsung. Bau mulut (halitosis) ini terjadi karena produksi air liur di mulut dan di saluran pecernaan pada saat berpuasa berkurang jadi akan mejadi lebih kering.

Selain hal diatas, bau mulut juga bisa terjadi karena adanya penyakit yang sistemis, yaitu saluran pernapasan, lambung, ginjal akut dan liver. Serta sakit gigi yang membuat napas anda tidak segar adalah gigi yang berlubang, radang pada gusi, gingivitis disebabkan oleh karang gigi serta periodontitis.

Bau mulut yang terjadi pada saat puasa banyak dirisaukan oleh sebagian orang, tapi hal ini tidak perlu dikhawatirkan karena kita dapat mencegah bau mulut ini selama berpuasa, dilansir dari holisticcare-dentalclinic:

1. Ini adalah cara yang paling simpel, perbanyaklah minum air putih paling tidak minimal 8 gelas atau 1 liter sehari selama berbuka sampai sahur tiba. Hal ini bisa mnejaga keseimbangan air yang ada di dalam tubuh kita.

2. Jagalah kesehatan mulut dan gigi anda dengan cara menggosok gigi dan lidah secara benar. Jika dikurang masih ada yang mengganjal anda bisa membersihkan dengan benang sisa-sisa makanan yang terdapat di sela-sela gigi. Terbiasa menggunakan cairan kumur untuk membersihkan mulut, perlu di ingat ketika menggunakan cairan kumur ini, kandungan alkohol yang terdapat didalam cairan kumur tidak lebih dari 25%, hal ini bisa memicu resiko kanker pada rongga mulut.

3. Buah-buahan juga bisa mengatasi atau mengusir bau mulut, seperti buah wortel, apel dan bengkuang. Perbanyaklah memakan buah tersebut agar selama berpuasa tidak bau mulut. Minimal minumlah 2-5 cangkir teh hijau yang mengandung bahan aktif catechin, manfaatnya dapat menghilangkan plak pada gigi, menurunkan kadar gula anda serta dapat membunuh bakteri yang dapat menyebabkan bau mulut.

4. Selain buah-buahan, mengkonsumsi yogurt dapat menghambat bau mulut saat berpuasa serta memelihara pencernaan.

5. Rajin-rajinlah periksakan gigi anda pada dokter gigi, minimal  jangka waktu 4-6 bulan sekali. Jika anda memiliki banyak waktu, anda bisa melakukan spa gigi untuk mejaga kesehatan 2 kali dalam 1 bulan.

6. Rokok dan alkohol, hindarilah 2 macam benda itu karena bisa jadi dapat memperburuk kondisi mulut dan gigi anda yang akan memicu periodontitis dan gingivitis. Ditambah lagi alkohol yang bisa memperparah kondisi bau mulut kita.

7. Mengkonsumsi makanan yang rendah karbohidrat, mengandung fosfat dan tinggi kalsium seperti keju, hal ini bisa memperkuat email gigi anda, pertumbuhan pada karang gigi akan berkurang serta meningkatkan produksi air liur.

Semoga bermanfaat

Advertisements

Tulis Komentar Anda di bawah ini:

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s